The meninges adalah selaput pelindung yang mengelilingi otak dan sumsum tulang belakang. Ketika meninges ini menjadi meradang, itu disebut meningitis tulang belakang dan itu adalah gangguan serius yang perlu segera diobati. Di sini kita melihat penyebab, tanda dan gejala dan metode perawatan yang dilakukan ketika Anda menderita meningitis tulang belakang.

Ada dua penyebab utama meningitis – bakteri dan virus karenanya masing-masing disebut meningitis bakteri dan virus. Dalam kebanyakan kasus, tubuh mampu melawan infeksi dengan sistem kekebalan tubuh. Namun, ada beberapa kasus ketika infeksi dapat mencapai aliran darah kemudian cairan serebrospinal dan meninges yang mengelilingi sumsum tulang belakang dan otak. Penyebab lain penyakit ini termasuk infeksi jamur, beberapa jenis kanker, cedera traumatis pada tulang belakang atau kepala, penyakit radang dan reaksi terhadap beberapa perawatan medis.

Tanda-tanda dan gejala meningitis tulang belakang berbeda dari orang dewasa dan bayi meskipun ada beberapa yang serupa. Untuk orang dewasa dan mereka yang berusia di atas dua tahun, Anda akan melihat demam tinggi, sakit kepala parah, leher kaku dan mual dan muntah. Ini sering disertai dengan kesulitan berkonsentrasi dan kebingungan, peka terhadap cahaya, sulit bangun atau mengantuk, kurang nafsu makan, ruam kulit, dan kejang. Untuk bayi baru lahir, tanda-tanda dan gejala meningitis tulang belakang termasuk demam tinggi, lekas marah atau mengantuk berlebihan, menjadi tidak aktif atau lamban, pemberian makanan yang buruk, tangisan konstan, tonjolan di atas kepala bayi yang disebut fontanel, tubuh atau leher kaku dan kejang.

Ketika Anda melihat tanda dan gejala yang disebutkan di atas, penting bagi Anda untuk segera mencari perawatan. Tanda-tanda khas yang harus Anda perhatikan adalah demam, sakit kepala parah, kebingungan, muntah, dan leher kaku. Untuk meningitis virus, ini dapat membaik dalam beberapa hari bahkan tanpa pengobatan. Namun, meningitis bakteri adalah kondisi serius yang memerlukan perawatan segera dengan antibiotik karena dapat berakibat fatal. Atau anda bisa mengunjungi tempat suntik meningitis.

Pengobatan gangguan ini tergantung pada jenis meningitis tulang belakang yang Anda miliki. Untuk meningitis bakteri, antibiotik intravena diberikan sesegera mungkin untuk memastikan pemulihan yang cepat dan untuk mencegah komplikasi. Obat-obatan tentu saja akan tergantung pada jenis bakteri yang ditentukan melalui tes yang berbeda.

Di sisi lain, untuk meningitis virus, ini dapat membaik bahkan ketika tidak diobati. Namun, disarankan agar Anda memiliki cukup istirahat di tempat tidur, minum banyak cairan dan obat-obatan yang akan diberikan kepada Anda adalah untuk menghilangkan demam dan sakit tubuh jika Anda memilikinya. Untuk jenis lain dari meningitis tulang belakang, antivirus dan antibiotik akan diberikan ketika penyebabnya belum ditentukan. Dalam beberapa kasus, ini tidak memerlukan perawatan karena mereka akan menyelesaikannya sendiri.

Meningitis tulang belakang dapat menyebabkan beberapa komplikasi jika tidak diobati dengan benar. Beberapa komplikasi umum termasuk ketidakmampuan belajar, masalah perilaku, kerusakan otak, kelumpuhan dan kerusakan fisiologis dan neurologis lainnya. Ketika Anda mengetahui penyebabnya, tanda-tanda dan gejala dan manajemen meningitis tulang belakang, maka Anda akan dapat menghindari komplikasi tersebut.